2 Komentar

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa meniti jalan untuk MENUNTUT ILMU, maka Allah akan mempermudah jalannya ke surga. Sungguh, para Malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridhoan kepada penuntut ilmu. Orang yang berilmu akan dimintakan maaf oleh penduduk langit dan bumi hingga ikan yang ada didasar laut.”

[Hadits Riwayat Abu Daud]

MUSLIM ENTREPRENEUR FORUM,
26 Januari 2012 di SMESCO, Jakarta.

2 comments on “Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa meniti jalan untuk MENUNTUT ILMU, maka Allah akan mempermudah jalannya ke surga. Sungguh, para Malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridhoan kepada penuntut ilmu. Orang yang berilmu akan dimintakan maaf oleh penduduk langit dan bumi hingga ikan yang ada didasar laut.”

  1. Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh,
    Apakah ketamaan menuntut ilmu (HR Abu Dawud di atas) juga diberikan kpd mereka yg memperolehnya melalui internet? / Tidak harus belajar secara langsung/tatap muka dgn ustadz? Jazakallahu khoir

    • bismillah
      Menurut yang saya fahami, semestinya kita mencari ilmu dengan cara belajar langsung / bertatapan muka dengan guru dalam rangka menggali ilmu yang berhubungan langsung mengenai Aqidah, Syariah dan ideologi. Karena tentunya kita harus menjaga kemurnian pengetahuan kita tentang hal-hal tersebut. Dalam arti ketika ada yang baru kita ketahui, maka kita bisa memastikan memang itu berasal sanadnya dari Rasulullah SAW, sehingga dalam pelaksanaannya, kita bisa yakin apakah fikih ibadah, fikih muamalah adalah fikih yang berdasarkan kepada hukum syara dan thariqat Rasulullah SAW, bukan yang lain.

      Untuk yang satu ini, ketika dalam masa pencarian, saya pribadi memiliki kriteria tersendiri untuk memilih guru, saya diantaranya mencari orang yang kaffah 100% menjalankan syariat islam, dan guru tersebut tidak berharap imbalan harta benda dari muridnya, dan kalo bisa menjaga sholat berjamaah dan rawatibnya.
      Setelah beberapa tahun pencarian (kok jadi curcol saya.. hehehe), sementara ini saya sudah bermantap hati pada satu kumpulan orang yang isinya adalah orang2 yang berusaha untuk memenuhi kriteria saya tadi. Yap, Alhamdulillah, yang saya cari 1 orang guru, tapi Allah malah mempertemukan saya dengan sekelompok orang. Mereka sedang memperjuangkan tegaknya syariah dan khilafah, menuju kebangkitan kembali Islam,sehingga umat Islam bisa berhukum, berdaulat, bermuamalat, berjual-beli, bersatu, dan berkehidupan secara Islam seperti jaman kenabian dulu. ( -curcol selesai- )

      Lain halnya mengenai pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, science, dan metodologi umum, kita di wajibkan untuk menggalinya, bisa melalui internet, bisa melalui studi literatur, perpustakaan, percobaan, diskusi dan lain-lain, tentunya dalam rangka tetap tunduk pada hukum Syara, dengan tetap teliti bahwa ilmu pengetahuan yang dikembangkan tidak bertentangan dengan hukum Islam.

      Allahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: