1 Komentar

Hidayah, ditunggu atau di jemput?

Renungan pagi  :

“Dan hak bagi Allah (menerangkan) jalan yang lurus, dan di antara jalan-jalan ada yang bengkok. Dan jikalau Dia menghendaki, tentulah Dia memimpin kamu semuanya (kepada jalan yang benar)” QS 16:9

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

=>Allah berhak meluruskan, membelokkan, membolak balik dan mengunci hati manusia, dan mengubah nasib orang yang berusaha berubah.

Pertanyaan : jika ada seorang tidak beriman, pilihan kita apakah : (1) menghakimi bahwa hatinya telah tertutup, hanya Allah yang berhak memberinya hidayah, atau (2) tugas kita mendakwahi orang itu agar ia membuka fikirannya dan mengambil iman.

Bahasan : Untuk apa diturunkan islam kalau nabi, sahabat dan utusan2nya bertindak berdasarkan pada pilihan 1? Maka  urusan kita adalah pilihan ke (2). Tujuan Islam diturunkan adalah rahmat bagi seluruh alam. Manusia manapun, apapun agamanya diberikan akal yang sama, maka Allah mengutus Rasul untuk memahamkan islam kepada manusia. Siapapun dia yang belum beriman, hanya perlu membuka fikirannya untuk menerima iman.

Kita tak pernah tau siapa jodoh kita sampai kita cari wanita terbaik hingga kita peristeri. Kita tak pernah tau berapa rezeki kita sebelum kita mengambil hasil dari ikhtiar kita. Orang kafir mutlak kekafirannya setelah dia mati kafir, namun sebelum mati dia masih punya akal untuk menerima iman dan menyelamatkan akhiratnya. Kita tidak pernah tau apa Qodo Allah, sampai itu benar2 terjadi sehingga kemudian kita ikhlas terhadap ketentuan Allah yang disebut Qodo itu. Sebelum semua terjadi, qodo yang ghoib itu adalah urusan Allah, kita hanya bisa berkhuznuzhon kepada Allah dan mengikhtiari wilayah Qodar yang menjadi kewajiban kita, sesuai dengan syariat Islam.

Allahu a’lam

One comment on “Hidayah, ditunggu atau di jemput?

  1. subhanallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: