2 Komentar

”Tidak ada pemberian orangtua kepada anak yang lebih utama daripada pendidikan yang baik” (HR. At-Tirmidzy)

Latar belakang dibangunnya sekolah Khoiru Ummah:

”Dan hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah (iman, ilmu, amal), yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka, oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”(QS. ANNISAA:9)

:Didiklah anak-anakmu dengan pengajaran yang baik, sebab ia diciptakan untuk zaman yang berbeda dengan zamanmu” (perkataan Umar Bin Khatab r.a)

”Jika seorang manusia meningal dunia, maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang shalih” (HR. Ahmad dan Muslim)

”Tidak ada pemberian orangtua kepada anak yang lebih utama daripada pendidikan yang baik” (HR. At-Tirmidzy)

Sekolah Dasar (SD) merupakan posisi penting dan strategis dalam pendidikan anak. Dario sekolah dasar inilah dimulai peletakkan dasar-dasar pembentukan kepribadian dan pembekalan ilmu-ilmu kehidupan. Siswa terwarnai oleh shibghah (celupan) tertentu sesuai dengan yang dikehendaki, yang akan memberikan pengaruh terhadap corak hidup anak di masa depan.

Pentingnya pendididkan di masa ini telah diisyaratkan oleh Rasullah SAW dalam sabdanya: ”(Menuntut) ilmu pada masa kecil ibarat mengukir di atas batu (HR. Baihaqi Ath Thabrani)”

Dengan hadist ini, Rasulullah mengingatkan kita bahwa pendidikan yang diterima di usia muda akan menancap kokoh dalam diri anak dan pengaruhnya akan membekas di masa depan. Hal ini karena anak-anak masih relatif murni, bersih akalnya serta kuat ingatannya.

Sistem pendidikan yang ada saat ini belum menghasilkan kualitas siswa yang unggul dan memiliki jiwa pemimpin, lebih mengarah pada sistem kapitalis-materialistik. Tolak ukur yang digunakan semata-mata dinilai secara materi. Sistem ini memisahkan antara ilmu-ilmu kehidupan (sains dan iptek) dari aqidah islam.

Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi dunia pendidikan seperti ini, dirasa perlu adanya lembaga pendidikan yang mampu mengajarkan ilmu pengetahuan dan memberikan dasar berfikir kuat dan berbasis aqidah Islamiyyah.

Selengkapnya:
http://anak-shaleh.blogspot.com/2009/04/hs-sd-khairu-ummah-el-diina.html?m=1

parenting

Iklan

2 comments on “”Tidak ada pemberian orangtua kepada anak yang lebih utama daripada pendidikan yang baik” (HR. At-Tirmidzy)

  1. Hey,

    I just wanted to show you some great stuff I’ve just found, it’s something really cool, please take a look http://www.arundevbuilders.in/servant.php?acad

    Wishes, Shawn Lund

  2. Yo!

    I just wished to show you something really valuable, please look into that here http://www.ezustszalag.hu/twice.php?UE9jb21tZW50K3JmbzV1Z3hmeDZrazNnXy0zbGV4Y3E4QGNvbW1lbnQud29yZHByZXNzLmNvbQ–

    My Best, Lindsay Middleton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: