Tinggalkan komentar

Abu Bakar dan Umar berlomba dalam kebaikan

‪#‎1stKhalifah‬ Abu Bakar
-Disaat Fajar..-

1. suatu saat di waktu Fajar yg masih gelap | Rasulullah dan sahabat sahabatnya serta kaum muslimin saat itu telah berada di Masjid

2. mereka sama sama menunaikan Ibadah Shalat Sunat Fajar seperti yang Rasulullah ajarkan dan lakukan sebelum melaksanakan Shalat Subuh berjamaah

3. setelah Rasulullah selesai melaksanakan Shalat Fajar | seperti biasa Rasulullah menghadapkan badannya kepada para sahabat dan manusia untuk mengamati mereka

4. Rasulullah biasa melakukan hal ini untuk mengecek tingkat keimanan mereka

5. “siapakah diantara kalian yang hari ini berpuasa ?” ucap Rasulullah kepada mereka

6. mereka semua diam..

7. setelah beberapa saat Umar bin Khattab ‪#‎2ndKhalifah‬ berucap “wahai Rasulullah, saya belum berniat puasa dari tadi malam”

8. kemudian Abu Bakar #1stKhalifah juga berucap “pagi ini saya telah berpuasa, wahai Rasulullah”

9. lalu Rasulullah bertanya lagi “siapakah diantara kalian yang pada hari ini telah menjenguk orang sakit ?”

10. mereka semua kembali diam..

11. kemudian Umar kembali berkata “wahai Rasulullah, kami baru saja keluar dari rumah kami dan menuju Masjid untuk melaksanakan shalat”

12. “, lalu bagaimana sempat kami menjenguk orang sakit ?” ujarmya

13. lalu dengan tenang Abu Bakar berucap “saya wahai Rasulullah, saya tadi keluar menuju Masjid dan saya tau bahwa saudaraku Abdurrahman bin ‘Auf sedang sakit”

14. “, maka aku mengarahkan jalanku menuju Masjid dengan melewati jalan ke rumahnya”

15. “, aku tahu kebiasaannya yang bangun untuk mengerjakan Shalat Fajar, maka akupun mengunjunginya,

16. .., setelahnya baru aku ke Masjid untuk mengerjakan Shalat Fajar” lanjut Abu Bakar

17. kemudian Rasulullah bertanya lagi “siapakah diantara kalian yang telah bersedekah pada hari ini ?”

18. tiada siapapun yang menjawab..

19. lalu Umar berkata “wahai Rasulullah, setelah kami mengerjakan Shalat Fajar, kami belum meninggalkan tempat kami..

20. ..” lalu bagaimana mungkin kami bersedekah kepada orang fakir” lanjut Umar “al Faruq”

21. suasana hening sejenak..

22. Abu Bakar terlihat dengan pikirannya sendiri | Abu Bakar adalah orang yang sangat rendah hati dan toleransi

23. akan tetapi karena yang bertanya adalah Rasulullah | dengan menunduk Abu Bakar berkata

24. “saya wahai Rasulullah, setelah saya menjenguk Abdurrahman bin ‘Auf saya langsung ke Masjid dan mendapati seorang fakir di dalamya”

25. “, ketika itu cucu saya membawa sepotong roti, maka saya pun memintanya dan memberikannya pada orang fakir tadi”.

26. lalu wajah yang meneduhkan dan penuh senyum, Rasulullah bersabda “wahai Abu Bakar, aku memberimu kabar gembira akan masuk surga”

27. Umar ?, dia kemudian menarik nafas panjang seraya berkata “wahai Abu Bakar, saya tidak dapat mendahuluimu dalam sesuatupun selamanya”, .

fb.com/4Khalifah

Tinggalkan Balasan

